Beranda | Artikel
Bacaan Ketika Akan Tidur
Rabu, 31 Mei 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Bacaan Ketika Akan Tidur adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 3 Dzulqa’dah 1444 H / 23 Mei 2023 M.

Bacaan Ketika Akan Tidur

Imam An-Nawawi Rahimahullahu Ta’ala membawakan dalil dari Al-Qur’an, di antaranya adalah:

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِّأُولِي الْأَلْبَابِ

“Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang yang memiliki akal pikiran yang sehat.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 190)

Siapa mereka yang disebut dengan Ulul Albab (orang-orang yang mempunyai akal pikiran yang sehat)? Yaitu:

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ…

“(yaitu) orang-orang yang senantiasa mengingat Allah baik ketika dalam keadaan berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka senantiasa memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi…” (QS. Ali ‘Imran[3]: 191)

Kaitannya ayat ini dengan bab tentang bacaan yang seyogyanya diucapkan oleh seorang muslim ketika akan tidur adalah firman Allah: “Yaitu orang-orang yang senantiasa berdzikir baik dalam keadaan berdiri atau duduk atau berbaring.”

Adapun di antara dalil dari hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Imam An-Nawawi membawakan hadits:

Dari Hudzaifah dan Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhum, mereka berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam apabila beliau hendak tidur dan telah berada di atas tempat tidurnya, maka beliau mengucapkan:

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَأموتُ

‘Hanya dengan namaMu Ya Allah aku hidup dan aku mati.`” (HR. Bukhari)

Ini menunjukkan bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengajarkan kepada kita tentang dzikir ketika akan tidur. Yang mana seorang mukmin senantiasa bersandar kepada Allah. Karena Allah yang menguasai ubun-ubunnya dan ubun-ubun semua makhluk. Allah yang menghidupkan dan mematikan. Maka seorang hamba hanya memohon pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di antara adab yang diajarkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ketika beliau akan tidur adalah membaca doa ini.

Lihat juga: Doa sebelum tidur

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52952-bacaan-ketika-akan-tidur/